Kamis, 03 Juni 2010

Memahami Discourse markers IELTS


Beberapa hari lalu saya melakukan training IELTS. Dalam sesi tersebut, seorang student menanyakan beberapa pertanyaan:
  1. “Trainer Eddy, Bagaimana memahami ide penyaji yang disampaikannya di dalam ragam tulis (written) dan ragam bicara (spoken)?” 
  2. Dan “sebaliknya, saya sering merasa bingung sendiri dalam menyajikan informasi kepada lawan bicara saya. Mereka hampir sulit memahami maksud saya, mungkin disebabkan model pembangunan ide saya yang kurang tertata dengan rapi.”……………………………… 
2 hal itu yang menjadi problem saya selama ini, trainer eddy, sambung student itu. Dan kemudian saya balik bertanya: well, apakah Anda masih mengalami kondisi itu? Student menjawab: Tidak lah, trainer. Saya menginginkan perubahan yang signifikan,  memahami dan memberikan informasi dengan pembangunan ide yang cemerlang memudahkan komunikasi. Saya pun menjawab: okelah, kalau Anda menginginkan perubahan,  silahkan catat prinsip yang saya berikan.

Prinsip yang saya sampaikan hari ini tentang discourse markers.

Apa itu discourse markers? Pola dasar yang digunakan oleh pembicara/penulis dalam menyampaikan ide-ide. Dengan menggunakan pola dasar, komunikasi yang dibangun menjadi mudah dipahami.
Ah, tugas Anda di sini adalah mengenali pola dasar itu jika Anda ingin membangun komunikasi yang baik.

Ada 5 prinsip dasar discourse makers:
Prinsip 1. Listing
Prinsip 2. Sequence
Prinsip 3. Compare and Contrast
Prinsip 4. Cause and Effect
Prinsip 5. Problem and Solution

Kali ini saya akan mencontohkan 2 prinsip discourse makers. Saya memilih Listing dan Sequence untuk menjelaskan kepada Anda.

Prinsip 1. Listing
Penyaji menyampaikan ide pokoknya menggunakan runtutan umum ke khusus. Pola Kekhususan ini menyokong semua informasi yang diperoleh dari ide pokok.
Lihat contoh kalimat ini:

In the past few years, scientist have found several new fuels to replace gasoline for automobiles. One of these fuels is methanol. A form of wood alcohol. It can be used in many cars in almost the same way that gasoline is used. Natural gas is another alternative fuel for cars. However, cars that burn this fuel must be equipped with special tanks of natural gas. (taken from More Reading Power)

Listing Paragraph:
 Several (Kode) | New fuels (Kekhususan)
One of these (Kode) | Methanol ((Kekhususan)
Another (Kode) | Natural gas (Kekhususan)

Dapat disimpulkan penggalan paragraf di atas mendiskusikan Methanol and Natural are new fuels replacing gasoline.

Beberapa model listing yang sering ditemukan di dalam sebuah informasi:
A few, one, the main, and, several, another, first, also, for example…., etc.


Prinsip 2  Sequence.
Sequence membantu Anda memahami runtutan sebuah kejadian dan proses.
Contoh yang saya berikan di bawah ini adalah runtutan sebuah kejadian:

… he was born in Hyde Park, New York, on January 30, 1882, and he began his studies at Harvard in 1903. In 1905, he married Elanor Roosevelt. During their marriage they had six children. After serving in the New York State Senate, Mr. Roosevelt worked in Washington as Secretary of the Navy until 1921. (taken from More Reading Power)

Sequence paragraph:
January 30, 1882 (Kode) | born in Hyde Park, New York (Kejadian)
1903 (Kode) | studies at Harvard (Kejadian)
1905 (Kode) | married Elanor Roosevelt (Kejadian)
During (Kode) |  had six children (Kejadian)
After (Kode)| Serving in the New York State Senate (Kejadian)
1921 (Kode) | Worked as Secretary of the Navy (Kejadian)

Berikutnya, saya memberikan contoh proses:
First, you should prepare the kettle, and fill in water. Next, boil the water. In the same time, prepare some cups, sugars and coffees. After boiling the water, pour the water into the the cups. Again, mix and stir with sugars and coffees. The last, the coffee is served and ready to drink.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip discourse markers, kita dengan mudah memahami ide penyaji. Anda pun dengan mudahnya menyampaikan maksud ke lawan bicara. Sekedar penekankan, discourse markers ini menggali semua informasi yang dibutuhkan, baik secara general, spesifik, urutan kejadian, sampai pada pemecahan solusi.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS