Jumat, 25 April 2014

Mendengarkan Berita "Asing"

Saat anda mempersiapkan ujian IELTS, hal pertama yang akan disarankan pada anda adalah perbanyak mendengarkan berita dalam bahasa Inggris. Banyak yang mengatakan bahwa hal tersebut merupakan `cara terbaik untuk memperluas kosakata. Sebetulnya cara ini tidak hanya membantu dalam tes Listening IELTS tetapi juga tes Speakingnya.

Tak kalah pentingnya, anda juga perlu mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia saat ini. Hal ini akan memberi anda cukup banyak topik pembicaraan. Topik-topik tersebut akan membantu anda menciptakan kesempatan bercakap-cakap dengan menyenangkan dengan orang lain dalam berbahasa Inggris dan juga bahasa lainnya.

Namun, tentu saja, anda tidak bisa hanya terpaku mendengarkan dan mengetahui berita terbaru. Banyak yang mempraktikkan cara di atas namun gagal meraih cukup nilai dalam IELTS. Umumnya ini dikarenakan mereka terlalu terfokus pada mencari berita. Terlalu fokus pada pencarian hanya akan memberi anda sedikit informasi sehingga sedikit pula kosakata yang anda dapat kuasai. Fokus pada berita akan lebih banyak membantu anda.

Sebaiknya, buatlah catatan bulletin berita setiap harinya. Anda bisa memperolehnya dari berita di televisi atau bahkan lewat radio. berita televisi biasanya akan lebih mudah dipahami ketimbang berita radio. Pada berita di televisi, anda tidak hanya mendapat berita tetapi juga petunjuk visual melalui gambar tayangan tentang subyek yang dibahas. Meski demikian, berita radio tetap lebih menantang. Anda bias memilih bulletin berita dari BBC atau Foxnews misalnya yang lebih mudah dipahami karena tidak menggunakan aksen khusus daerah tertentu dalam pelafalan beritanya.

Pilihlah salah satu topik saja dari bulletin yang telah anda catat. Anda dapat memilih subyek yang anda sukai seperti tentang buku favorit atau hobi anda. Topik yang berkaitan dengan daerah asal anda juga dapat menjadi hal yang menarik. Keuntungannya anda akan lebih paham dengan latar belakang dan kosakata yang berkaitan dengan subyek anda pilih.

Tidak ada komentar: