5 Cara Meningkatkan Kecakapan Mendengar | IELTS Eddy Suaib

5 Cara Meningkatkan Kecakapan Mendengar

Posted On // Leave a Comment
Kunci sukses mempelajari bahasa yang baru adalah dengan berlatih sebanyak mungkin. Bahkan jika anda tinggal di wilayah yang jarang orang berbahasa tersebut, kesempatan akan selalu ada bagi anda untuk meningkatkan kecakapan mendengar. Berlatihlah dengan meluangkan sedikitnya 30 menit setiap harinya untuk melakukan kegiatan tertentu guna melihat sejauh mana peningkatan kecakapan mendengarkan anda.

Instruksi:

  • Manfaatkan sumber belajar online gratis, seperti situs BBC Learning English dan the English Club, keduanya memiliki fitur pelajaran dan lembar kerja gratis untuk memperkuat kecakapan mendengarkan anda. Situs-situs ini menyajikan latihan diksi, dan lembar kegiatan bersama program radio, berita, puisi, dan banyak lagi.
  • Bergabunglah dalam pertukaran dua bahasa dengan menjadwalkan sesi yang setengah waktunya digunakan anda mengajari seseorang berbahasa Inggris untuk mempelajari bahasa anda dan setengahnya lagi orang tersebut mengajari anda berbahasa Inggris. Metode ini cukup menyenangkan karena anda akan bertemu dengan orang baru dan berlatih dengan orang yang memahami seperti apa rasanya belajar bahasa baru, dan tentunya akan lebih sabar. Anda bisa menemukan orang yang tertarik bertukar bahasa dengan membaca bulletin di sekolah bahasa lokal atau komunitas kampus, atau lewat kelompok online.
  • Mendengarkan musik berbahasa Inggris, kemudian membaca liriknya untuk melihat apakah anda memahami yang anda dengarkan. Dengarkan lagi lagu tersebut sambil membaca liriknya atau sambil menyanyikannya. Sangatlah penting untuk mendengarkannya terlebih dahulu tanpa membaca liriknya untuk melihat sejauh mana anda bisa memahaminya.
  • Tontonlah film berbahasa Inggris tanpa subtitel dan cobalah mengikutinya. Bahkan jika anda tak mengerti setiap kata, pelajari pergerakan tubuh dan petunjuk verbal sang aktor untuk mengetahui apa yang terjadi dalam film tersebut. Ulangi menonton, kali ini dengan menampilkan subtitel guna melihat apakah pemahaman anda benar. Ingatlah, subtitel umumnya tidak cocok kata per kata, karena mereka dirancang untuk dibaca dengan cepat, maka gunakan sebagai cara memahami apa yang terjadi dalam adegan dan bukan sebagai terjemahan yang sempurna atas apa yang sedang diucapkan.
  • Jadilah sukarelawan untuk berbicara bahasa Inggris dengan turis asing atau magang di perusahaan tur lokal. Hal ini akan membuat anda berlatih kecakapan mendengarkan bahasa Inggris sehari-hari dengan pembicara bahasa Inggris. Pengalamannya mungkin membuat anda frustasi pada awalnya, namun anda akan senang berada dalam lingkungan yang membuat anda cepat meningkatkan kemampuan mendengarkan bahasa Inggris.


Artikel Terkait

0 komentar: