Jumat, 25 April 2014

Belajar menyenangkan

Jenuh dengan proses pembelajaran biasa yang hanya menyimak penjelasan pengajar di dalam kelas? Atau bosan menekuni buku-buku pelajaran yang selama ini menjadi referensi anda dalam mempelajari bahasa Inggris dan upaya peningkatan TOEFL. Mungkin anda perlu sedikit keluar dari proses belajar yang biasa. Berikut beberapa tips belajar yang akan mengeluarkan anda dari kejenuhan yang ada.

* Berpergian ke Negara berbahasa Inggris.

Terkesan menyenangkan mempelajari sesuatu dengan atmosfir sekitar yang mendukung. Berkunjung ke Negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa yang mereka pakai untuk berkomunikasi, akan membantu anda mengasah kemampuan berbahasa Inggris anda. Di lingkungan yang mayoritas penduduknya berbahasa Inggris, mau tidak mau anda harus menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dengan mereka, interaksi verbal yang akan memperdalam kemampuan berbahasa anda.

* Pelajari bahasa Inggris melalui hal-hal yang anda sukai.

Akan lebih mudah jika anda mempelajari sesuatu yang anda sukai, layaknya menekuni sebuah hobi, apa yang anda pelajari akan terasa menyenangkan untuk dijalani. Apa bila anda menemukan kesulitan dan merasakan kejenuhan dalam belajar, sebaiknya anda mencoba untuk mengaplikasikan apa yang anda pelajaran pada apa yang anda sukai. Misalnya anda hobi memasak, belilah buku-buku resep masakan berbahasa Inggris, agar di saat memasak anda tetap dapat mempelajarinya.

* Tetap memegang sesuatu tentang bahasa Inggris bersama anda, seperti Buku, Surat kabar, atau CD.

Ini salah satu cara yang efektif untuk lebih cepat memperdalam kemampuan berbahasa Inggris anda. Dengan selalu melatih diri dengan kata-kata yang anda baca atau dengar di waktu luang di tengah kesibukan anda, sedikit demi sedikit akan membuat anda terbiasa dengan bahasa yang anda pelajari.

* Mendengarkan musik atau siaran Radio.

Apa bila anda terlalu lelah untuk melakukan aktifitas dalam belajar, belajarlah dengan cara yang lebih santai. Anda dapat memutar lagu-lagu dari penyanyi kesukaan anda yang bernyanyi dalam bahasa Inggris, atau mendengarkan siaran radio berbahasa Inggris. Cara ini akan menjadikan anda lebih santai saat belajar.

Tidak ada komentar: