Sabtu, 26 April 2014

Agar Tulisan Anda Lebih Menarik (Satu)

Buat tulisanmu lebih menarik – kalimat ini selalu kita dengar berulang-ulang. Masalahnya, tak ada yang benar-benar memberitahukan cara melakukannya. Tahukah anda, apa yang sesungguhnya akan membuat tulisan kita menarik?

Saat anda menulis dengan cara yang menarik, orang-orang tak hanya membaca karya anda dari awal hingga akhir, mereka mencari karya anda terdahulu dan mengharapkan materi yang lebih menarik lagi dari anda. Nyatanya, tak banyak hal menarik di sekitar kita yang bisa dijadikan bahan tulisan. Ini menyebabkan satu karya yang menarik menjadi special.

Sebagian hal harus diperintahkan. Sedangkan yang lainnya tidak. Jika anda ingin karya anda lebih menarik, cobalah menyajikan lebih banyak hal yang dahulu dan kurangi hal yang masa kini dalam tulisan anda. Perhatikan hal-hal yang anda baca yang berhasil mencuri perhatian anda dan pertahankan – itulah hal-hal yang akan anda intergrasikan pada isi karangan anda.

Tak peduli maksud anda sangat benar atau sangat salah, kesegaran subyek yang anda ambil yang membuatnya menarik. Jika anda hanya meniru pandangan yang sudah sering diungkapkan sebelumnya, maka tak peduli anda benar – anda tidak benar-benar menambahkan hal yang baru dalam percakapan anda.

Anda bisa sangat salah namun tetap menarik. Selama anda tidak menyatakan hal yang bodoh semua orang akan segera melupakannya dengan logika sederhana, melakukan kesalahan tak akan melukai anda. Karena anda menyajikan sesuatu yang baru pada pembaca.

Jangan hanya membunyikannya. Lebih baik, berusahalah melakukan hal-hal dengan lebih baik pada setidaknya satu aspek saja. Miliki argument yang lebih kuat daripada apapun yang telah ditulis di masa lalu. Jadilah lebih lucu daripada sebelumnya. Ungkapkan maksud anda dengan cara yang lebih kreatif, dan lain-lain. Terutama, luar biasalah dalam satu bidang meski anda lemah dalam bidang lainnya, ketimbang hanya rata-rata di setiap aspek karya.

Saat anda diterima dalam sebuah aspek spesifik, akan memberikan pembaca sesuatu yang berkesan. Bertentangan dengan karya yang tidak lebih baik atau lebih buruk dari karya lain di luar sana.

Sebagai seorang penulis, tidaklah lumrah menunjukkan betapa berharganya posisi anda, terutama jika anda dalam suatu platform dengan audiens yang luas seperti blog popular atau majalah. Banyak orang tidak memiliki keistimewaan seperti anda, entah karena mereka tak dapat mengekspresikan diri mereka dengan baik di atas kertas atau mereka tidak memiliki platform yang sama dengan anda. Mengatakan hal-hal yang orang-orang ingin katakan sendiri membuat mereka merasa terwakili lewat karya anda, membuatnya sangat menarik bagi mereka.


Tidak ada komentar: