Sabtu, 26 April 2014

Agar tulisan Lebih Menarik (Selesai)

Tulisan yang menarik membuat pembaca betah berlama-lama membaca karya tersebut. Setelah sebelumnya dibahas beberapa cara untuk membuat tulisan anda menarik minat pembaca, berikut lanjutannya.

Lakukan sesuatu yang tak terduga. Kebanyakan orang senang menebak-nebak. Itu cara mereka membuat dirinya merasa pintar saat mengkonsumsi muatan dari yang lainnya. Dan saat mereka menebak dengan benar, mereka merasa tervalidasi. Saat tebakannya salah, kendatipun, saat itulah perhatian mereka terusik. Jadi isilah tulisan anda dengan hal-hal yang tidak diduga oleh orang lain, misalnya, poin yang mengejutkan, argument dan ilustrasi yang tidak biasa.

Lakukan yang anda ucapkan. Terlalu banyak orang yang menulis tanpa melakukan yang mereka tulis. Sangatlah jarang ditemukan kisah nyata dimana penulisnya adalah juga tokoh protagonisnya, bahkan lebih jarang saat tokoh sentralnya melakukan sesuatu yang berharga dengan waktunya. Apalagi yang lebih menarik untuk dibaca selain seorang yang menarik menuliskan hidupnya yang juga menarik?

Tunjukan ketegasan anda. Sangatlah menjengkelkan berada di sekitar orang-orang yang tidak tegas. Harus membaca sebuah artikel yang si penulisnya tak dapat memutuskan posisinya menyiksa pembaca dan tidak menimbulkan sesuatu. Ambil suatu posisi yang jelas di setiap hal yang anda bicarakan – itulah yang dihargai oleh pembaca.

Jadilah yang pembaca inginkan. Terkadang, artikel yang paling menarik adalah yang merujuk tepat pada apa yang dicari oleh pembaca. Ketahuilah apa yang diingin tahui oleh pembaca dan, seperti obat yang tepat, berikan pada mereka. Tentunya, teknik ini bisa saja sangat dangkal, tetapi anda tak dapat engingkari keefektifannya.

Bangunlah sebuah karakter. Buatlah suatu karakter tulisan. Karangan dengan karakter yang sempurna dan ciri-ciri serta keyakinan yang spesifik. Kemudian saring karangan anda lewat ciri dan keyakinan tersebut, cara yang sama yang dilakukan seorang aktor saat menyaring aktingnya lewat karakter yang diperankannya.

Perhatian: saat anda menulis pandangan suatu karakter, pembaca akan mengharapkan anda berpihak pada karakter tersebut. Jika anda tidak berpihak, anda harus member tahukan kepada pembaca alasannya, baik secara eksplisit (dengan penjelasan) atau implicit (dengan memberikan petunjuk sehingga mereka dapat mengetahui alasan anda demikian).

Ceritakan kisah yang baik. Ini adalah saran yang sudah diungkapkan sejak lama tetapi masih berlaku hingga sekarang. Tidaklah cukup banyak pencerita yang baik di luar sana. Dan sambil kita memuaskan dahaga kita akan cerita di TV dan film, artikel yang bercerita seperti sebuah film akan tetap mencuri perhatian.

Bahkan jika anda menulis essay yang kurang menarik seperti tutorial dan sorotan produk, mendongeng bisa jadi lebih mudah saat anda menggambarkan poinnya dan memberikan contoh. Pada dasarnya, jika anda dapat mengarang sebuah cerita yang bagus, anda dapat membuat karya tulis apapun dengan sangat mudah.

Hindari sikap lebih pintar. Orang pintar berpikir menjadi pintar membuat mereka tampak keren. Nyatanya salah. Seringkali, hal itu malah membuat mereka menderita. Menjadi pintar adalah antithesis dari menjadi menarik. Kecuali audiens anda adalah anak usia 13 tahunan yang masih naïf dan mudah terkesan, menjadi pintar tidaklah berguna. Saat menulis sesuatu yang lucu, pintar mungkin sesuai, tetapi anda harus menentukan tempat anda.


Tidak ada komentar: