4 Tips Aksen Bagi Penutur Indonesia | IELTS Eddy Suaib

4 Tips Aksen Bagi Penutur Indonesia

Posted On //

Belajar IELTS-Indonesia
Bahasa Indonesia memiliki bunyi dan pola pengucapan tersendiri. Saat seorang pembicara bahasa Indonesia mempelajari bahasa lain, pola bicara ini bersikap seperti penghalang pengucapan bahasa Inggris. Hal ini pun akhirnya menghasilkan bahasa Inggris yang beraksen, seperti “aksen bahasa Indonesia”.



Pembicara bahasa Indonesia cenderung memiliki kesulitan yang sama saat memproduksi bahasa Inggris lisan dan jika anda berlatar belakang bahasa Indonesia, mungkin tips berikut akan berguna bagi anda guna meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lisan anda.

  1. Ada beberapa bunyi dalam bahasa Inggris yang berbeda dengan bahasa pribumi anda dan bisa jadi sulit untuk diucapkan. Misalnya, bunyi “r” yang menjadi masalah umum bagi pembicara bahasa Indonesia. Untuk membuatnya terdengar dengan benar, lidah anda haruslah dalam posisi yang tepat. Untuk membuat bunyi “r” ujung lidah ditekuk ke atas dan ditujukan ke langit-langit mulut.
  2. Kecepatan bicara anda dapat mempengaruhi  pengucapan anda dalam bahasa Inggris. Anda mungkin harus memperlambat bicara anda agar lebih mudah bagi orang lain memahami apa yang anda ucapkan.
  3. Pembicara bahasa Inggris mengubah nada suara mereka saat berbicara. Jika anda mendengarkan anda akan mendengar bahwa terkadang nada suara mereka lebih tinggi dan terkadang lebih rendah. Sebagai seorang pembicara bahasa Indonesia anda mungkin perlu melatih nada bicara anda. Untuk melakukannya, dengarkan pembicara bahasa Inggris dan tiru cara nada bicara mereka naik dan turun.
  4. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang bersuku kata, namun bahasa Inggris, adalah bahasa yang bertekanan. Pembicara bahasa Inggris menekankan kata-kata tersendiri dalam kalimat untuk memperjelas informasi penting. Mereka melakukannya dengan mengucapkan suku kata atau kata yang hendak ditekan lebih keras atau dengan menahannya sedikit lebih lama. Mendengarkan pembicara bahasa asing dengan seksama akan membantu anda mengetahui penggunakaan pola penekanan dalam berbahasa Inggris.

Itulah kesulitan yang umumnya dialami oleh pembicara bahasa Indonesia, setiap orang memiliki wilayah kesulitan tersendiri bergantung pada latar belakang dan pengalaman mereka.



IELTS Kampung Inggris Pare

Belajar IELTS



Extract picture from Info Sepakbola

Artikel Terkait