4 Langkah Praktis Menulis "bahasa Inggris IELTS" | IELTS Eddy Suaib

4 Langkah Praktis Menulis "bahasa Inggris IELTS"

Posted On //

IELTS Kampung Inggis Pare


Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak diucapkan di seluruh planet ini. Tak dapat dipungkiri era globalisasi semakin memperluas perkembangan bahasa Inggris. Tak hanya mereka yang tinggal di negara berbahasa Inggris saja yang menggunakan bahasa tersebut, namun orang-orang yang tinggal di negara yang  berbahasa selain bahasa Inggris pun menggunakannya sebagai bahasa komunikasi.

Tak hanya bahasa lisan yang digunakan saat berbicara, tetapi juga bahasa tulis yang digunakan terutama saat berkomunikasi di bidang bisnis dan bidang lainnya. Terkadang ini menjadi kendala besar karena berkomunikasi bukan dengan menggunakan bahasa ibu menjadi sulit bagi mereka yang kurang menguasainya. Oleh karena itu, berikut sedikit tips bagi anda untuk memperlancar kecakapan anda dalam menulis berbahasa Inggris.

1. Membaca dalam bahasa Inggris
Saat anda ingin menguasai suatu bahasa, anda tak akan puas membaca. Setiap buku, cerpen atau artikel yang anda baca bisa memberikan pelajaran baru bagi anda. Cara paling mudah untuk mulai membaca tulisan dalam bahasa Inggris adalah dengan membaca buku-buku non fiksi dengan topik yang menarik dan akrab bagi anda. Non fiksi cenderung lebih mudah dipahami ketimbang fiksi karena seringkali penulis fiksi menggunakan bahasa yang sedikit rumit untuk menyentuh perasaan pembacanya. Selain itu, topik yang akrab dengan anda juga mempermudah anda memahamimaksud si penulis meski and taktau arti kata-kata yang anda baca. Sebaiknya anda tak menggunakan kamus saat membaca kecuali anda memang benar-benar memerlukannya – lewati saja bagian yang tak anda pahami.

2. Mendengarkan pembicara bahasa Inggris
Ada sebuah saran yang menyebutkan salah satu cara membuat tulisan anda tampak hidup adalah dengan menulis seperti saat anda berbicara. Namun jika anda tak setiap saat menggunakan bahasa Inggris, anda akan menemukan kesulitan juga. Maka saran terbaik mungkin dengan melihat dan mendengarkan pembicara bahasa Inggris berbicara. Anda bisa mencari sumbernya via internet atau kaset/CD.

3. Saat menulis dalam bahasa Inggris, berpikirlah pula dalam bahasa Inggris
Ini salah satu tips yang paling penting yang membedakan penulis bahasa asing yang baik dengan yang buruk. Penulis yang buruk berpikir dengan bahasanya sendiri dan kemudian mencoba menterjemahkannya dalam bahasa Inggris. Namun sayangnya itu tidak berguna: idiom, aturan grammar, dan perbedaan budaya membuat teks tertulisnya tampak kaku dan tidak alami.

4. Menulislah
Cara terbaik mempelajai segala sesuatu adalah dngan menceburkan diri dan berlatih. Latihan menulis pun tak kalah pentingnya. Mulailah dengan berlatih menuliskan sesuatu yang terjadi dalam kehidupan anda sehari-hari agar terbiasa. Setelah beberapa lama mulailah mencoba menulis dengan topik dan gaya yang berbeda.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS
Extract picture from economist-suweca.blogspot.com

Artikel Terkait