Selasa, 18 Februari 2014

Waspadai Kata Kunci dan Alur Teks dalam IELTS



IELTS Kampung Inggris Pare
Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah saat mencocokkan kata pada pertanyaan dengan sebuah kata dalam teks dan mengira anda sudah menemukan jawabannya. Hampir tak pernah semudah itu dan jika kata-katanya cocok, maka itu bukan jawabannya. Yang biasanya anda cari adalah sinonim (persamaan kata) atau paraphrase (potongan teks yang mengungkapkan hal yang sama dengan pertanyaan).

Salah satu alasan seorang kandidat membuat kesalahan demikian adalah pengajar cenderung mengatakan cari kata kunci dalam pertanyaan tersebut. Sesungguhnya saran ini sangat membantu menunjukkan kemungkinan letak jawaban dan di paragraf mana jawaban tersebut berada. Namun kemudian anda perlu kembali dan membaca seluruh pertanyaan dengan teliti untuk melihat apakah jawabannya benar.

Saran berikutnya, pertanyaan mengikuti teks – biasanya. Cara ini sangat praktis dan dapat menghemat banyak waktu anda. Biasanya, pertanyaan akan datang berurutan dengan teks: maka jawaban untuk pertanyaan nomor 3 akan datang setelah jawaban nomor 2. Hal ini akan sangat membantu dalam ujian jika anda adalah seorang pekerja cepat yang menjawab pertanyaan sekali untuk pertanyaan mudah dan dua kali untuk yang sulit. Jika anda menggaris bawahi jawaban nomor 4 dan begitu juga dengan jawaban nomor 6 maka anda akan tahu letak jawaban nomor 5.

Satu peringatan, di jenis pertanyaan tertentu (misal menjodohkan paragraf) urutan pertanyaan tidak berurutan.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS
Extract picture from msuharto.com