Jumat, 24 Oktober 2014

Tips Reading dari Pemenang IELTS Competition

Tips Sukses IELTS (Reading) Dari Bahar Ranjbaran - Pemenang IELTS Competition periode September 2012

1). Bagaimana cara memulainya
Sebelum memulai menjawab pertanyaan, baca baik-baik teks yang disediakan untuk mengerti ide pokok dari topik yang dibicarakan dalam teks. Kemudian, baca dengan jelas pertanyaan-pertanyaannya, jika perlu baca berulang-ulang untuk dapat lebih mengerti pertanyaannya. Setelah mengerti ide pokok tulisan tersebut dan khususnya ide setiap paragrafnya, akan lebih baik jika anda dapat mengetahui jawaban dari pertanyaan mana ada di paragraf ke berapa. Anda juga dapat menuliskan sebuah judul pendek untuk setiap paragraf agar anda dapat mengklasifikasikan pertanyaan-pertanyaan yang harus anda jawab dengan lebih mudah. Metode ini dapat waktu anda untuk mencari jawaban dari setiap pertanyaan, karena anda mengetahui apa saja isi dari setiap paragraf yang ada.

2). Berhadapan dengan pertanyaan-pertanyaan yang sulit
Ketika menghadapi sebuah pertanyaan yang sulit atau membingungkan, lebih baik tinggalkan pertanyaan tersebut terlebih dahulu dan kerjakan pertanyaan yang lain. Setelah anda selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan lain yang relatif lebih mudah, anda dapat kembali memikirkan jawaban untuk pertanyaan sulit tadi, pada saat ini anda memiliki waktu lebih banyak untuk dapat berkonsentrasi untuk menjawabnya, selain itu anda juga akan lebih tenang sehingga dapat berpikir dengan lebih baik, tanpa perlu mengkhawatirkan pertanyaan-pertanyaan lain, karena anda telah menyelesaikannya.

3). Tips untuk pertanyaan dengan jawaban TRUE/FALSE/NOT GIVEN
Ketika sebuah frase anda anggap salah (FALSE), pastikan dengan mencari pernyataan sebaliknya dalam teks yang diberikan. Jika anda tidak dapat menemukannya, atau jika frase semacam itu sama sekali tidak disebutkan dalam teks, maka jawaban atas pertanyaan tersebut adalah "NOT GIVEN". Sedangkan untuk frase dengan jawaban YES or TRUE, anda harus dapat membuktikannya bahwa pernyataan tersebut memang jelas-jelas ada di teks, uraikan dengan kata-kata anda sendiri dan tulis.

4). Menebak-nebak kadang dapat membantu (Chimp Management)
Karena anda tidak akan mendapat poin negatif ketika jawaban anda salah, pastikan anda tidak mengosongkan satu pun pertanyaan bahkan jika anda merasa bahwa jawaban yang anda tulis salah. Masih ada sedikit kemungkinan jawaban anda tersebut benar.

5). Jangan kembali memikirkan pertanyaan yang telah anda jawab
Jangan terlalu banyak memikirkan jawaban dari setiap pertanyaan yang telah anda jawab. Ada kemungkinan anda justru akan menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang salah. So, berminat menjadi pemenang IELTS competition selanjutnya?
Sumber: ielts-blog.com