Jumat, 24 Oktober 2014

Apakah Saya Membutuhkan Guru IELTS?

Salah satu pertanyaan yang muncul pertama kali pada setiap kandidat IELTS adalah: apakah saya memerlukan bantuan seorang guru atau saya dapat melakukannya sendiri? Sesungguhnya, mempersiapkan IELTS dengan bantuan seorang guru akan member anda banyak keuntungan.

Seorang guru dapat membantu anda menemukan kelebihan dan kekurangan anda. Terkadang kita kurang dapat memahami aspek bahasa mana yang harus kita kembangkan. Pelaksana tes IELTS seringkali mengatakan bahwa mereka merasa gugup dalam berbicara atau tidak menyukai tekanan pada sesi menulis. Nyatanya, mereka hanya terlalu melebihkan kesulitan sesi-sesi ini dan mendapatkan lebih banyak keuntungan saat mengetahui strategi yang sederhana yang didapat dari tes Listiening dan Reading. Itulah salah satu keuntungan memiliki pembimbing IELTS: ia akan dapat memberikan anda analisis obyektif mengenai area yang memerlukan usaha dan konsentrasi lebih dari anda.

Hanya pembimbing IELTS yang berpengalaman yang dapat menilai jawaban tes Writing dan Speaking anda. Karena buku teks hanya menyediakan bimbingan dalam bentuk sampel jawaban, anda hanya dapat mengira-ngira jumlah skor yang bias anda dapatkan pada bagian esai dan jawaban lisan. Pengetahuan mengenai bagaimana jawaban IELTS benar-benar dinilai hanya dimiliki kelompok tertentu: penguji IELTS dan guru IELTS yang berpengalaman. guru tidak hanya dapat memberikan band score yang akurat di setiap bagian tes, mereka juga memberikan skor yang lebih detail ketimbang sertifikat tes, termasuk skor individu untuk beragam kriteris dalam tes Writing dan Speaking IELTS, dan saran untuk pengembangan lebih lanjut.

Guru yang baik akan melatih anda dalam rangkaian kecakapan berbahasa saat anda mempersiapkan IELTS. Mempersiapkan IELTS janganlah menjadi obyek pembelajaran bahasa Inggris anda! Tes ini hanyalah salah satu faktor sementara yang memacu perkembangan kecakapan berbahasa yang akan anda gunakan sepenjang hidup anda. Selain memastikan anda mendapatkan latihan tes IELTS yang anda butuhkan, seorang guru yang baik juga akan memberikan hal yang lebih dari itu, termasuk menunjukkan kesalahan grammar yang paling sering anda lakukan, memperbaiki pelafalan dan ejaan anda, dan memberitahu anda apakah apa yang anda bicarakan dapat mudah dipahami atau tidak. Yang terpenting, guru anda akan memberikan model yang baik bagaimana anda menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi sehari-hari. Tanyakan pada diri anda sendiri apakah anda bisa mendapatkan semua itu hanya dari buku, internet atau teman, dan jawabannya pasti Tidak.



Program pembelajaran yang terencana akan sangat membantu menghindari penundaan. Salah satu kebiasaan manusia adalah selalu menunda setiap pekerjaan yang seharusnya segera dikerjakan. Jika anda memilih untuk belajar di dalam sebuah kelas bersama teman-teman dan seorang guru dengan suatu silabus yang memiliki ‘motivasi ekstrinsik’ bagi penggunanya, akan membantu anda menghindari penundaan persiapan IELTS.

Dalam IELTS, latihan membuat semua menjadi sempurna. Kepercayaan diri berkaitan latihan yang kita jalani. Kepercayaan diri membantu kita dalam menghadapi situasi yang bertekanan tinggi semacam ujian. Jika buku teks membantu anda berlatih kecakapan Listening, Reading dan Writing pada modul tes IELTS, satu-satunya cara untuk berlatih modul Speaking hanyalah dengan bantuan seorang guru. Seorang guru IELTS yang berpengalaman mengetahui bagaimana penguji memainkan perannya pada setiap tes, termasuk jenis bantuan yang dapat diberikan dan kapan harus mendorong anda untuk lebih banyak berbicara. Cobalah untuk berlatih dengan beberapa guru – beda usia, aksen, dan kepribadian – untuk mengurangi kegugupan anda saat bertemu dengan penguji IELTS anda.