Jumat, 24 Oktober 2014

Pita Skor IELTS

Tidak ada kata tidak lulus atau gugur dalam IELTS. Setiap kandidat diurutkan berdasarkan penampilan mereka dalam tes, menggunakan skor mulai dari 1 hingga 9 untuk setiap bagian tes. Listening, Reading, Writing dan Speaking. Hasil dari keempat bagian tersebut kemudian menghasilkan Pita Skor Keseluruhan (Overall Band Score).

Sistem 9 pita yang unik ini mengukur skor dengan cara yang konsisten, kapanpun dan di manapun tes tersebut dilakukan. Skornya diakui dan dipahami secara internasional, memberikan anda nilai internasional yang terpercaya. Skor IELTS memiliki masa berlaku hingga dua tahun. Setelah dua tahun, sebaiknya anda kembali melakukan tes IELTS untuk kembali mengukur kemapuan bahasa anda.

Skala 9 Pita IELTS
Setiap pita merujuk pada suatu tingkatan kemampuan berbahasa Inggris. Seluruh bagian tes dan Overall Band Score dapat dilaporkan dengan seluruh atau sebagian pita saja, misal 6.5, 7.0, 7.5, 8.0.

Pita 9: Expert user: menguasai perintah operasional bahasa Inggris yang sangat baik: sesuai, akurat dan lancar dengan pemahaman yang menyeluruh.

Pita 8: Very good user: menguasai perintah operasional bahasa Inggris yang sangat baik dengan hanya sesekali tidak sistemik, tidak akurat, dan tidak sesuai. Kesalah pahaman bisa saja terjadi pada situasi tertentu. Dapat menguasai rincian argumentasi yang kompleks dengan baik.

Pita 7: Good user: menguasai perintah operasional bahasa Inggris, meski terkadang tidak akurat, tidak sesuai, dan pada beberapa situasi mengalami kesalahpahaman. Secara keseluruhan dapat menangani bahasa yang kompleks dengan baik dan memahami alas an yang dikemukakan.

Pita 6: Competent user: menguasai perintah yang efektif dalam bahasa Inggris meski mengalami ketidak akuratan, ketidak sesuaian, dan kesalahpahaman. Dapat menggunakan dan memahami sedikit perbahasan yang kompleks, khususnya dalam situasi yang umum.

Pita 5: Modest user: menguasai sebagian perintah dalam berbahasa Inggris, seringkali meniru keseluruhan makna yang terkandung, meski masih sangat mudah membuat banyak kesalahan. Seharusnya dapat menguasai komunikasi sehari-hari di lingkungannya.

Pita 4: Limited user: kompetensi dasarnya terbatas pada situasi yang umum. Memiliki beberapa masalah dalam memahami dan mengkekspresikan. Tak dapat menggunakan bahasa yang kompleks.

Pita 3: Extremely limited user: berbicara dan memahami hanya makna yang luas dalam situasi yang sangat umum. Seringkali mengalami kesulitan berkomunikasi.

Pita 2: Intermittent user: tak ada kkomunikasi yang nyata yang dapat dilakukan kecuali informasi yang paling mendasar dengan menggunakan kata-kata yang pendek dan terbata dalam situasi yang umum dan dalam memperoleh kebutuhan. Memiliki kesulita yang cukup besar dalam memahami bahasa lisan dan tulisan bahasa Inggris.

Pita 1: Non-user: sesungguhnya tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa Inggris diluar mungkin beberapa kata pendek.

Pita 0: Did not attempt the test: tidak ada informasi penilaian yang tersedia.

Sumber: http://www.ielts.org/institutions/test_format_and_results/ielts_band_scores.aspx