Jumat, 24 Oktober 2014

Popularitas IELTS Mendunia

Kecakapan bebahasa Inggris masyarakat Indonesia dinyatakan meningkat jika dilihat berdasarkan data terbaru dari rata-rata nilai test kemampuan berbahasa Inggris yang paling populer di dunia, IELTS (International English Language Testing System).


Hasil ini didapat dari nilai test IELTS di Indonesia yang dilaksanakan sepanjang tahun 2011 memperlihatkan bahwa tiga dari empat hal yang diujikan – writing, listening dan speaking – nilai rata-ratanya meningkat dari hasil yang didapat di sepanjang tahun 2010.

“Hasil dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menunjukan bahwa para peserta tes yang berasal dari Indonesian benar-benar mempelajari bahasa Inggris dan membuktikannya dengan meningkatkan kecakapan mereka dalam hal ini,” ujar Angela Hennelly, salah seorang perwakilan dari British Council.

“Setiap tahunnya semakin banyak masyarakat Indonesia yang mengikuti tes IELTS dan untuk dapat menuntut ilmu atau mencari kesempatan kerja di luar negeri. Hasil tes IELTS dapat membuka pintu kesempatan bagi setiap orang untuk dapat menuntut ilmu di Amerika Serikat, Inggris atau pun Australia, atau juga untuk mendapatkan visa untuk tinggal dan bekerja di berbagai negara seperti Kanada dan Australia,” ujar John Belleville dari IDP: IELTS Australia menambahkan.

“Kami melakukan penelitian dan pengembangan berskala luas untuk tes ini, sehingga para peserta dan organisasi-organisasi terkait juga dapat mempercayai seluruh hasil tes ini benar-benar akurat dan dapat dipercaya. IELTS dirancang sedemikian rupa untuk dapat menyemangati para pesertanya meningkatkan kemampuan berbahasa inggris mereka secara nyata dengan efektif,” ujar Mike Milanovic, Cambridge ESOL, menyimpulkan.

Nilai IELTS rata-rata para peserta tes yang berasal dari Indonesia meningkat dari 6.2 menjadi 6.4 dengan skala nilai IELTS 1 sampai dengan 9 di tahun 2011.

Nilai untuk bidang listening, writing dan speaking kesemuanya mengalami peningkatan, bahkan listening diidentifikasikan sebagai keunggulan utama dari para peserta tes yang berasal dari Indonesia sepanjang tahun 2011. Data ini diambil dari para peserta tes yang melakukan tes IELTS akademik.

Saat ini terdapat 31 tempat yang ditunjuk untuk melakukan tes IELTS secara resmi yang berlokasi di seluruh Indonesia termasuk diantaranya di kota-kota besar seperti Bandung, Denpasar, Jakarta, Medan, Semarang dan Surabaya.

Hasil tes IELTS ini diminta sebagai kelengkapan di lebih dari 7,000 institusi pendidikan, pemerintahan serta perusahaan-perusahaan asing di seluruh dunia sebagai tolak ukur kemampuan berbahasa inggris yang akurat dan dapat dipercaya.

Lebih dari 1.7 juta kali tes IELTS telah dilakukan disepanjang tahun 2011, meningkat sebanyak 12% jika dibandingkan dengan jumlah tes IELTS yangbdilakukan disepanjang tahun 2010.

Sumber: IELTS.org