Speed Reading IELTS | IELTS Eddy Suaib

Speed Reading IELTS

Posted On //

IELTS Kampung Inggris Pare


Beberapa tahun yang lalu, saya mengikuti pelatihan SPEED-READING IELTS yang diadakan oleh sebuah lembaga asing. Di dalam pelatihan tersebut saya diajarkan cara yang sangat luar biasa melakukan SPEED-READING untuk meningkatkan konsentrasi saya. Pengetahuan itu saya bagikan ke Anda dalam tulisan ini.

Well, kalau mau diteliti lebih jauh, lebih advanced, ternyata sepasang mata Anda memiliki peran yang sangat dasyhat. Begitu dasyhatnya mampu mengalahkan kepekaan microscope atau telescope.  Saya mengatakan ini karena kedua benda itu hanya mampu melihat objek di area pandangnya saja. Contohnya seperti ini, Anda meneropong bintang dengan menggunakan telescope. Sudah pasti Anda mampu melihat bintang yang letaknya jauh. Microscope pun seperti itu, mampu melihat objek yang sangat kecil. Tapi yang mesti Anda perhatikan di sini, kedua alat itu sama sekali tidak bisa digunakan ketika beralih fungsi. Microscope tidak bisa menggantikan fungsi telescope yang mampu menjangkau objek yang jauh. Begitupun telescope.

Dan bagaimana dengan mata Anda? Mata mempunyai diagram, salah satunya disebut pupil atau anak mata. Pupil mampu menjalankan dua fungsi benda di atas. Pupil Anda akan membesar ketika membutuhkan cahaya dan mengecil ketika cahaya bertambah terang.

Di tahun 2008, penelitian yang dilakukan Olivia Carter, ahli syaraf dari University of Melbourne, menemukan bahwa pupil berubah menjadi besar ketika seseorang dihadapkan pada situasi memilih satu dari dua alternatif yang ditawarkan. Semakin besar ukuran pupil Anda, semakin banyak dan kuat “BRAIN” Anda menyerap perubahan pada objek. Kondisi seperti ini, Anda lakukan ketika membaca agar lebih mudah menyerap informasi. Bagaimana menciptakan kondisi ini? Lakukan latihan peripheral vision untuk memperkuat visual power Anda. Visual power membawa Anda tidak hanya melihat dengan menggunakan kedua bola mata, juga membawa Anda melihat dengan seluruh “BRAIN” Anda.

Keuntungan menggunakan Peripheral Vision:
  1. Menjaga ritme Konsentrasi ketika membaca.
  2. Mampu mendeteksi semua huruf dalam bacaan tanpa menggerakan bola mata.
  3. Melipatgandakan “understanding’ terhadap bacaan.
  4. Aktivitas ini bisa Anda lakukan secara berkala di rumah, semua tentang peripheral vision bisa didapatkan di internet.
It is your brain that reads – your eyes are just the very sophisticated lenses that it uses to do so. – TONY BUZAN

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS
Extract picture from acejet170

Artikel Terkait