Selasa, 03 Juni 2014

Membuat Action Plan IELTS


Oktober, 27, 2012 sekitar jam 1.10 malam, saya menerima pesan dari akun twitter seorang English Learner yang bernama Romy yang isinya seperti ini, “ …berapa lama waktu yang diperlukan untuk bisa speaking dan listening? Saya masih bingung, soalnya waktu luang saya paling lama sebulan.”

Well, hampir semua English Learner yang datang ke Kampung Inggris-Pare mempunyai problem yang sama dengan Mas Romy, yaitu bagaimana memperoleh hasil yang maksimal dengan waktu yang sangat singkat dalam belajar bahasa inggris 

Alhasil, mereka berbondong-bondong mendatangi kampung Inggris-Pare, duduk di bangku kelas berharap keajaiban menghampiri.

Apa yang terjadi setelah itu? Keajaiban yang diharapkan tidak kunjung datang. Beberapa hasil riset menunjukkan bahwa kegagalan seorang English Learner dalam belajar bahasa inggris di kampung inggris-pare adalah karena tidak adanya “ACTION PLAN” yang kuat.

------------------------------------------------------------------
Beberapa tips belajar fantastik, dengan hasil yang luar biasa, sudah banyak saya bagikan di tulisan-tulisan sebelumnya. Di antara semua tips yang pernah saya tulis, memang saya belum pernah membahas bagaimana belajar singkat integrated Speaking and Listening seperti yang ditanyakan oleh Mas Romy. So, sekaranglah waktu yang tepat untuk meng-share Knowledge dan Experience saya selama 6 tahun mengajarkan Academic English.

Student yang mempunyai waktu belajar singkat, misalnya 1 bulan juga dapat meningkatkan level bahasa inggris tanpa harus datang ke kampung inggris-pare atau duduk di bangku kelas. Hal pertama yang Anda dilakukan adalah membuat Action Plan belajar untuk menetapkan pencapaian belajar. Pencapaian belajar ini mirip dengan peningkatan level Anda, sebut saja sekarang Anda berada di Level A1 dan akan menuju Ke Level A2, ataukah B1 ke C1 (lihat CEFR)

Setelah Anda menetapkan Action Plan, lakukan monitoring dengan penggunaan skala 1-10 setiap hari. Monitoring sangat penting untuk mengetahui sejauh mana progress Anda.
Lanjut pada kasus Mas Romy, saya menyarankan dia melakukan:


  1. Self-help, artinya mengasah sendiri kemampuan. Dalam hal ini, Mas Romy meninginkan peningkatan Skill Listening. Saya pun menyarankan dia melakukan aktivitas  “banyak mendengarkan” English PodCast yang bahannya bisa didonwload di internet. Pemahaman ini (Self-Help_red) perlu ditanamkan sejak dini bagi pembelajar bahasa karena Self-Help adalah poin terpenting setelah buku-buku pelajaran dan mentor ANDA.
  2. Tahap berikutnya, menirukan percakapan English PodCast. Gunakan alat rekam, REKAM SUARA ANDA, lalu Dengarkan. Apakah sudah mirip dengan penutur yang ada di PodCast? Jika belum, lakukan pengulangan sehingga Anda mampu memproduksi pengucapan dan ketepatan bertutur.
  3. Jangan lupa mencari setiap teks percapakapan English PodCast yang dibutuhkan, so dengan begitu Anda mampu melihat dan mengenali bentuk tulisan. Hal ini dilakukan agar Anda terbiasa dengan ejaan yang tepat.
  4. Lakukan aktivitas ini selama 1 bulan dengan disiplin waktu yang tepat dengan kombinasi Action Plan yang telah dibuat.




------------------------------------------------------------------
3 (tiga) bulan terakhir, saya melakukan training di Jakarta. Saya meminta semua students membuat ACTION PLAN dan memantau perkembangan mereka.  Seperti yang diharapkan, 9 dari 10 students yang telah membuat ACTION PLAN menujukkan HASIL yang luar biasa pada skills Speaking dan Listeningnya dalam waktu 20 hari.

Dari pengalaman di atas, saya menyimpulkan: bukan lama belajar yang dibutuhkan, tapi pada Action Plan dan komitmen yang akan membawa Anda pada hasil yang luar biasa.

So bagi Mas Romy dan teman-teman lainnya yang hanya mempunyai waktu singkat. Jika ingin mempertajam skill Listening dan Speaking Anda, Buat sekarang juga Action Plan Anda, Lakukan Self-Help, raih skor yang luar biasa.

IELTS Kampung Inggris Pare
Belajar IELTS

Extract picture from Asia-Europe Foundation