Jumat, 25 April 2014

Menggunakan Media Visual dengan Efektif

Pada umumnya, media visual dalam public speaking bisa jadi berbahaya! Ada banyak cara yang membuat media visual, atau “props”, menjadi gangguan ketimbang bantuan bagi anda. Jika props-nya terlalu kuat, mereka akan mengalahkan amanat pidato anda. Pada dasarnya, media visual yang sederhana adalah yang terbaik. Jika media ini membantu mengkomunikasikan pesan anda dan membuatnya semakin jelas pada audiens anda, maka media ini sangat bermanfaat. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda saat menggunakan media visual saat melakukan presentasi.

Pertama, gunakan media visual yang akan membantu audiens anda mengingat pesan anda. Jika prop-nya terkait dengan ide pokok, akan semakin efektif. Kedua, media visual haruslah sederhana atau jika terlalu rumit maka akan sulit dipahami.

Tip yang ketiga, media visual haruslah cukup besar sehingga semua audiens bisa melihatnya dengan jelas. Jika terlalu kecil, selain sulit dilihat, audiens juga menghabiskan lebih banyak energy berusaha melihat media yang kecil dan tidak mendengarkan ucapan si pembicara!

Keempat, persiapkan dengan baik dan berlatihlah sebelum anda menggunakan media visual apapun. Banyak masalah yang mungkin muncul dalam suatu presentasi. Pastikan anda dapat mengatasi setiap prop dengan mudah sebelum anda mulai berbicara. Patikan pula media visualnya akan mudah ditunjukkan pada audiens tanpa mengganggu anda ataupun pendengar anda.

Terakhir, janganlah takut untuk tidak menggunakan media visual sama sekali! Ketimbang bergantung pada prop, anda sebaiknya bergantung pada pesan yang anda sampaikan dirancang dengan baik dan disajikan secara professional. Anda sudah memiliki salah satu media visual terbaik yang pernah ada – diri anda sendiri! Pelajari tentang bahasa tubuh dalam presentasi dan gunakan sebagai media terbaik pada presentasi anda!

Belajar Bahasa Inggris
Kampung Inggris Pare

Tidak ada komentar: