Saat hendak menulis sebuah
esai berbahasa Inggris sebagai syarat kelulusan dari suatu ujian, yang akan anda lakukan dalam
mempersiapkannya tentu berlatih dan terus berlatih menulisnya. Namun selain latihan
menulis, ada baiknya anda juga mempersiapkan ide-ide yang bisa anda tulis dan
kembangkan dalam esai anda.
Menyajikan RATUSAN tips dan trik IELTS. Kursus IELTS di ENGLISH STUDIO Saja. Kontak 081318186060 WhatsApp
Selasa, 19 Februari 2013
Persiapan Menulis Esai
Label:
writing
Mengajar IELTS sejak 2010 dan mendirikan "English Studio Indonesia" di 2014
Meningkatkan Kekuatan Kosakata IELTS
Cara meningkatkan kekuatan kata anda untuk membangun suatu kosakata yang
luas adalah sebuah perjalanan hidup yang cukup panjang. Selalu ada kata baru
untuk dikumpulkan, dirasakan, dicobai, dan diuji. Sebagian kata yang anda
kuasai akan menjadi yang favorit bagi anda. Yang lainnya bisa digunakan untuk
kesempatan tertentu. Namun yang pasti anda akan menemukan kesenangan atas
perbedaan dan kemampuan menulis pidato anda akan meningkat.
Semakin banyak pilihan yang anda miliki dalam kosakata anda, semakin anda
berkomunikasi dengan jelas. Pilihan bahasa anda memiliki ketajaman dan
kedalaman, menyampaikan dengan lebih tepat dan efisien apa yang sesungguhnya
ingin anda katakan.
Label:
vocabulary
Mengajar IELTS sejak 2010 dan mendirikan "English Studio Indonesia" di 2014
Senin, 18 Februari 2013
Daftar 8 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam IELTS
Kesuksesan dalam tes IELTS sangat bergantung pada
kemampuan peserta untuk mengikuti instruksi. Kedengarannya mudah, namun adalah
kesalahan umum menyepelekan pentingnya mengikuti perintah dengan tepat. Berikut
daftar 8 kesalahan yang paling sering dilakukan yang berakibat fatal pada poin
peserta.
1). Kelebihan dalah kekurangan. Kesalahan yang paling
umum adalah memberikan lebih banyak kata pada jawaban yang diinstruksikan. Jika
perintahnya menyebutkan “Not more than 3 words”, menjawab dengan 4 atau lebih
kata akan sangat mengurangi poin.
2). Kekurangan adalah minus poin. Panjang jawaban pada
tes Writing sangatlah penting. Jika perintahnya menyebutkan jumlah kata minimal
(250 untuk essai, 150 untuk laporan atau surat), artinya setiap pekerjaan yang
lebih pendek dari yang diminta akan diberi penalti.
3). Essai yang lebih panjang bukan berarti nilai yang
lebih baik. Miskonsepsi lain yang paling umum adalah essai yang lebih panjang
bernilai lebih dalam IELTS. Tak hanya mitos, tetapi juga berbahaya. Menulis
essai yang lebih panjang dapat berpengaruh pada nilai secara tidak langsung.
Kemungkinan membuat kesalahan semakin meningkat berkaitan dengan jumlah kata
dan kalimat yang digunakan.
Label:
action plan,
miscellaneous
Mengajar IELTS sejak 2010 dan mendirikan "English Studio Indonesia" di 2014
Psikologis IELTS
Kita telah
membicarakan sebelumnya betapa pentingnya siap secara psikologis untuk menghadapi
tes IELTS. Mari kita sedikit mengulasnya kembali. Seringkali terjadi pada
banyak orang selama ujian sesuatu yang tidak diperkirakan terjadi dan mereka
pun menjadi panik. Beberapa peserta kemudian menganggap mereka telah gagal
(tanpa tahu kepastiannya) dan secara alamiah hal itu mempengaruhi penampilan
mereka.
Andaikan anda
sedang menjalani ujian Speaking. Anda menjawab kartu petunjuk dan setelah
berbicara selama kurang lebih 2 menit, anda berhenti. Anda tetap duduk diam sampai
penguji memberikan tanda kepada anda untuk melanjutkan apa yang sedang
dibicarakan. Anda pun tentu bertanya-tanya, apakah hal tersebut akan
mempengaruhi skor?
Label:
action plan,
miscellaneous
Mengajar IELTS sejak 2010 dan mendirikan "English Studio Indonesia" di 2014
Sumber Leksikal IELTS
Apakah “sumber leksikal”? dalam satu kata yaitu
kosakata dan adalah hal penting dalam IELTS Writing karena merupakan salah satu
dari 4 kriteria penilaian yang berpengaruh pada skor anda. Berikut penjelasan
ringkas tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan untuk meningkatkan
skor anda. Ada 4 area kunci yang perlu diperhatikan:
1. Bentangan Kosakata
Artinya anda perlu menggunakan kata yang berbeda dan
tidaklah cukup untuk mengulang kosakata yang sama. Penguji memperhatikan juga
seberapa “umum”kata-kata yang anda gunakan. Untuk meraih skor yang lebih tingi
anda perlu menggunakan beberapa kosakata yang tidak biasa, tapi anda pun perlu
menggunakan kata-kata tersebut dengan “tepat”. Sebuah kata yang panjang
tidaklah baik jika bukan merupakan kata yang tepat.
Kesalahan Umum: mengulang
kosakata yang sama sepanjang essai.
Solusi: sangat sangat
mudah – sisakan waktu untuk memeriksa ulang tulisan anda. Salah satu yang bisa
diperiksa adalah kata yang diulang. Solusi lainnya adalah merencakan kosakata
yang akan anda gunakan sebelum anda memulai tulisan anda.
Kesalahan Umum: menggunakan
kata yang tidak anda pahami. Kata yang panjang tidak lah baik jika tidak
digunakan dengan tepat. Mulailah dengan kata-kata bahasa Inggris yang paling
umum dan pelajari bagaimana cara menggunakannya dengan tepat.
Label:
writing
Mengajar IELTS sejak 2010 dan mendirikan "English Studio Indonesia" di 2014
Seperti Apa Kolokasi Kata IELTS?
Jika anda ingin dapat menggunakan suatu kata, anda
sangat perlu mengetahui juga apa kata berikutnya. Kita tidak menggunakan kata
tersebut sendirian, kita menggunakannya bersama-sama dengan kata lain. Jadi
jangan pelajari kata secara individu, pusatkan perhatian pada apa kata yang
lain yang mereka gunakan bersama – kolokasi. Untuk membantu anda, saya akan
menunjukkan 4 cara mempelajari kolokasi dapat meningkatkan kecakapan bahasa
Inggris anda.
Beberapa contoh kolokasi
Berikut hanya empat cara bahwa mempelajari kolokasi
dapat membantu meningkatkan kecakapan bahasa Inggris anda:
1. Makna yang baru dan penggunaan kata lama
Construct bisa bermakna
hampir sama dengan build. Kata tersebut lebih berguna dari yang
dibayangkan. Jika anda menggabungkan constructive dengan criticism, anda
akan mendapatkan kolokasi constructive criticism, constructive
bermakna sesuatu seperti positive. Ini merupakan pelajaran yang efisien:
anda tak perlu mempelajari kata yang baru setiap saat, anda dapat mempelajari
sebanyak mungkin dengan menggunakan kata-kata yang sudah anda ketahui dengan
fleksibel.
2. Mengatakan sesuatu dengan tepat
Cara kolokasi lainnya yng dapat membantu adalah bahwa
mereka membantu anda menambahkan makna pada apa yang anda katakan. Sehingga
”There is no doubt but that television commercials affect out buying habits.”
Merupakan sebuah kalimat yang baik, tetapi mengetahui kolokasi significantly
affect memungkinkan anda menambahkan makna sehingga anda kini dapat
menulis: “There is no doubt but that television commercials significantly
affect out buying habits.”
Label:
vocabulary
Mengajar IELTS sejak 2010 dan mendirikan "English Studio Indonesia" di 2014
IELTS: Bagaimana Cara Belajar Dari Kesalahan?
Tidakkah menyenangkan belajar dari
kesalahan orang lain? Salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam
mempersiapkan IELTS adalah hanya mempelajari satu dari empat aspek yang
diperhitungkan. Misalnya hanya mempelajari tentang Writing dan melupakan bagian
lainnya – Listening, Reading, dan Speaking.
Ada beberapa alasan mengapa seseorang
melakukan kesalahan yang demikian, mereka cenderung melakukan hal yang mereka
kuasai dan menghindari hal yang tidak mereka kuasai. Jika seseorang menguasai
Writing, maka sangatlah mudah baginya untuk menulis sebuah essai dan surat dan
menyingkirkan subyek yang sulit dan menakutkan lainnya. Atau hal sebaliknya –
mereka berasumsi bahwa mereka cukup menguasai Writing dan berkonsentrasi pada
hal lain yang menurutnya memerlukan peningkatan dan melupakan mengasah
kecakapan Writing.
Ada banyak alasan untuk tidak melakukan
hal tersebut di atas. Pertama, dalam banyak hal anda diminta untuk meraih skor
yang baik di setiap sub-tes, atau setidaknya pada dua sub-tes. Artinya anda
tidak boleh merasa puas dengan rata-rata yang bagus, karena anda memerlukan
skor 7 pada dua sub-tes apapun yang terjadi.
Label:
action plan,
miscellaneous
Lokasi:
Pare 64211, Indonesia
Mengajar IELTS sejak 2010 dan mendirikan "English Studio Indonesia" di 2014
Kenali Petunjuk Listening IELTS
Jawaban
biasanya diucapkan lebih keras dan lebih jelas, sangat mudah didengar dan
dipahami. Jika anda tidak dapat mendengar sesuatu dengan jelas (karena
pembicara bergumam atau berbisik), maka mungkin jawabannya bukanlah itu.
Berlatihlah dan anda akan belajar memahami perbedaannya.
Sebuah petunjuk
yang baik agar dapat menjawab adalah saat anda mendengar suatu pengulangan
kata, kata yang dieja (G A R F U N K E L) atau angka yang didiktekan.
Percakapan
berikut adalahh sebuah contoh klasik pengulangan kata:
Mary-Joe:
“These days there are many changes in our company policy”
Kathy: “Oh,
what kind of changes?”
Jelas terbaca
bahwa kata “changes” adalah petunjuk untuk suatu jawaban.
Label:
listening
Mengajar IELTS sejak 2010 dan mendirikan "English Studio Indonesia" di 2014
Ukur Skor Speaking IELTS Anda
Pada bagian Reading atau Listening sangatlah mudah
memperkirakan apa skor IELTS anda. Anda lakukan beberapa tes di rumah, hitung
berapa jumlah pertanyaan yang anda jawab dengan benar, lakukan matematikanya –
misalnya 34 dari 40 sama dengan skor 7.
Tetapi bagaimana anda mengukur diri anda sendiri saat
melakukan tes Speaking – itulah pertanyaannya!
Dan berikut jawabannya: gunakan kriteria yang sama
dengan yang akan digunakan oleh penguji anda. Dan ternyata caranya bisa dengan
mudah ditemukan di situs resmi IELTS.
Pada dasarnya inilah yang mereka katakan:
Anda meraih Skor 5 jika anda
- Menjaga kalimat tetap mengalir dengan perlahan (tanpa jeda), mengulang kata-kata dan mengkoreksi diri anda sendiri.
- Dapat menggunakan kalimat sederhana dengan mudah, namun yang kompleks sedikit sulit bagi anda dan hal tersebut tampak (anda berhenti, kebingungan atau mulai mengulang sendiri).
- Tidak dapat mengucapkan hal yang sama dengan cara yang berbeda (memfrasa ulang) atau menggunakan sinonim.
- Selalu menggunakan kalimat sederhana dengan tata bahasa yang benar. Sangat jarang anda menggunakan kalimat yang kompleks dan saat anda menggunakannya – anda membuat kesalahan gramatikal atau sulit memahami apa yang hendak anda sampaikan.
Label:
speaking
Mengajar IELTS sejak 2010 dan mendirikan "English Studio Indonesia" di 2014
Dalam IELTS, Skimming Itu Penting
Sebuah
pertanyaan, mana yang lebih mudah dibaca pada tes IELTS? Paragraf atau
menyelesaikan keseluruhan artikel panjang?
Jika anda
memilih paragraf, disarankan agar anda mempertajam kecakapan skimming
anda. Skimming adalah sebuah kecakapan membaca teks dengan CEPAT untuk
mencari maknanya. Jika anda belajar melakukannya, maka anda seharusnya dapat
segera memilih paragraf mana yang memiliki jawaban untuk setiap pertanyaan.
Jika anda tidak
bisa, maka anda membuang waktu membaca seluruh artikel untuk mencari kata
kunci. Anda mungkin mengira akan menghemat waktu dengan tidak membaca CEPAT
keseluruhan teks, namun pada akhirnya anda akan menghabiskan lebih banyak waktu
mencari kata kunci.
Masalah pada
Reading IELTS adalah bahwa teks-nya cukup panjang (sekitar 2700 kata) dan
terkadang satu paragraph panjangnya bisa terdiri dari 200an kata. Solusinya
adalah perhatikan kecakapan membaca anda saat berlatih.
Jika anda hanya
melakukan cara “coba dan temukan jawabannya”, maka anda akan mudah sekali
membuat kesalahan. Sangatlah disarankan agar anda melatih kemampuan skimming
anda untuk memahami dan mengetahui maksud teks tersebut. Juga disarankan anda
melatih kemampuan scanning – mencari kata-kata tertentu dan potongan
informasi dalam teks.
Label:
reading
Mengajar IELTS sejak 2010 dan mendirikan "English Studio Indonesia" di 2014
Langganan:
Postingan (Atom)